Subscribe Us


 

120 Siswa SDN Mekarjaya 20 Belajar Cara Kelola Sampah Di UPS Merdeka

KabarPublik- Sukmajaya

Untuk menanamkan kesadaran para murid pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, SDN Mekarjaya 20, Kecamatan Sukmajaya, mengajak sebanyak 120 anak didiknya ke UPS Mekarjaya 1 milik DLHK Kota Depok di Jl Merdeka,  Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya pada Jumat pagi (4/10/24).


Sebabyak 120 siswa-siswi bersama sejumlah guru yang dipimpin Kepala SDN Mekarjaya 20 berjalan kaki dari sekolahnya ke lokasi Unit Pengelolaan Sampah (UPS) Mekarjaya 1 yang berjarak kurang-lebih 300-400 meter.

Kepala SDN Mekarjaya 20, Viptri menjelaskan, melalui kunjungan ini, murid dapat belajar secara langsung tentang cara pengelolaan sampah

Dengan kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi para murid untuk lebih peduli dan aktif berperan dalam kegiatan kebersihan lingkungan, baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal mereka.

Melalui kunjungan ini, kepala sekolah berharap para murid menyadari bahwa kebersihan dan pelestarian lingkungan merupakan kewajiban bersama.

"Diharapkan murid-murid dapat menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah dan masyarakat,  menjadi contoh yang baik dalam hal kebersihan dan pengelolaan lingkungan," tandas Viptri.

 Sekolah melakukan pemilahan sampah, dan mulai membuat pupuk kompos dari sisa daun atau sampah organik di sekolah, "Murid yang ikut dalam kunjungan diharapkan menjadi duta sekolah yang memberikan info dan contoh kepada teman-teman sekelas maupun adik kelas," imbuhnya.

Rombongan siswa-siswi diterima oleh Koordinator UPS Merdeka 1, Asmadi bersama para stafnya dengan ramah. 

Dalam sambutannya, Asmadi menjelaskan, secara umum sampah terbagi menjadi tiga jenis yakni sampah organik, un-organik dan residu."Jadi adik-adik harus tahu jenis-jenis sampah dan bagaimana cara pengelolaan sampah yang benar yakni dengan cara pemilahan sampah," kata Asmadi. (jaya)



Post a Comment

0 Comments