Subscribe Us


 

Disdik Kota Depok Aktifkan Kembali Komunitas Belajar Kepala Sekolah

KabarPublik- Sukmajaya

Untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam pengelolaan sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengadakan Workshop Penguatan Komunitas Belajar (Kombel) Kepala Sekolah bagi para kepala sekolah baru dan pengawas se Kota Depok di SDN RRI Cisalak, Kamis pagi (29/8/24).


Workshop Kombel Kepala Sekolah tahun 2024 dibuka resmi Kabid Pembinaan Sekolah Dasar (PSD) Disdik, Wawang Buang M.Pd mewakil Kepala Disdik Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah S.Pd.MM. 

Dalam sambutan dan arahannya, Wawang Buang menjelaskan, pada pertemuan hari ini pihaknya ingin memunculkan, mengaktifkan dan menghidupkan kembali Kombel-Kombel baru yang merupakan amanah dari kebijakan kurikulum merdeka.

Jadi Kurikulum Merdeka nanti akan ada pendanpingan- pendampingannya dengan kombel-kombelnya mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga gugus dan ada juga di tingkat satuan pendidikan.

"Kita berharap kombel-kombel semua tingkatan bisa hidup dan sudah mulai bergerak dengan kegiatan-kegiatannya bersama komunitas guru-guru berkarakter," tandas Awang sapaan akrab Kabid PSD Disdik Depok.

Untuk itu didalam pertemuan saat ini, Awang menuturkan, diundang sebanyak 72 kepala sekolah baru yang dipromosikan dari guru-guru penggerak dan lima guru senior.

"Pada kesempatan hari ini kita berharap sekolah- sekolah penggerak yang ada di Depok khususnya sekolah negeri kita akan berbagi praktek baik  dari sekolah penggerak yang ada dan para kepala sekolah baru bisa mengimplementasi apa yang sudah didapat dari sekolah penggerak," papar Awang.

Selaku penyelenggara kegiatan tersebut, Kepala Seksi Kurikulum dan Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Depok, Syahril Simamora SS.MM mengatakan,  Workshop Penguatan Kombel Kepala Sekolah diikuti sebanyak 72 kepala sekolah baru ditambah 21 pengawas Pembinaan SD dan Ketua atau perwakilan K3S dari 11 wilayah kecamatan.

Tujuan dan harapan dari workshop ini, Syahril mengatakan, agar kepala sekolah yang baru melakukan transformasi sekolah agar sekolah mereka menjadi sekolah yang berubah ke arah yang diharapkan yakni proses pembelajaran berpusat pada murid.

"Bagaimana mereja nengelola sekolahnya dengan baik, manajemen yang bagus, mereka membuat super learning team agar menjadikan sekolah mereka yang hebat," ujar Syahril. 

Diminta komentarnya sebagai pengurus tingkat Kota Depok, Sekretaris Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Depok, Arif Suryadi M.Pd mengatakan Workshop Penguatan Kombel Kepala Sekolah se Kota Depok suatu kegiatan yang luar biasa dan visioner

"Ini suatu terobosan luar biasa yang sangat visioner karena dengan adanya praktek baik berbagi dari sekolah penggerak itu artinya menggerakan seluruh sekolah di Depok agar sekolahnya menjadi seperti sekolah penggerak. Ini kan tidak mudah, perlu ada pendampingan, perlu ada tutorial," kata Arif. (jaya)


Post a Comment

0 Comments