Subscribe Us


 

Mekarjaya 21 Gelar Perjusa Di Awal Tahun Ajaran Baru 2024/2025

KabarPublik- Sukmajaya

Dalam memperingati Hari Pramuka ke 63 pada 14 Agustus 2024, SDN Mekarjaya 21, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok menggelar kegiatan Perkemahan Pramuka Jumaat- Sabtu  (Perjusa) di sekolah itu yang dibuka resmi Ketua Kwarran Pramuka Sukmajaya, Maman Sutarman.M.Pd pada Jumaat petang  9 Agustus 2024.

Kegiatan Perjusa selama dua hari (9-10 Agustus 2024) diikuti sebanyak 90 siswa kelas 5&6 Pramuka Penggalang.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang juga Kepala SDN  Mekarjaya 21, Eko Agusnehing Purwaningsih mengatakan, Perjusa yang digelar merupakan kegiatan skala prioritas dari banyaknya program sekolah di bulan Agustus sejak sepekan dirinya resmi dilantik sebagai Kepala SDN Mekarjaya 21.

Selama seminggu baru bertugas di sekolah SDN Mekarjaya 21, menurut dia, banyak program kegiatan sekolah kemudian melihat skala prioritas kegiatan di bulan Agustus in, ternyata kegiatan kepramukaan bertepatan dengan Hari Pramuka Nasional pada 14 Agustus. "Maka kami mengadakan kegiatan Perjusa atau  Perkemahan Jumat- Sabtu pada 9-10  Agustus 2024," kata Eko Agushening Purwonungsih.

Selain memperingati Hari Pramuka Nasional, menurut Eko, kegiatan Perjusa bertunuan untuk melatih kemandirian, kedisiplinan, keberanian, karakter, kebersamaan dan tanggungjawab peserta didik terhadap diri sendiri, cinta lingkungan dan sosial dan tanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai mahluk ciptaanNya.

"Apalagi di era sekarang ini sepertinya terjadi dekadensi moral, kecenderungan individual, nyaris hilang nilai-nilai kegotong-royongan, lebih banyak gedget dipake untuk yang hal negatif, kegiatan kepramukaan seperti Perjusa ini untuk para peserta agar memiliki jatidiri yang tangguh," papar Eko.

Di malam pertama Perjusa, menurut Eko, diawali kegiatan sholat mahgrib dan sholah Isya berjamaah serta Api Unggun dan hiburan.

Di spi unggun ini,lanjutnya, para peserta Perkusa mengekspresi bakat seninya seperti  bernyanyi, baca puisi dan kegiatan hiburan yang positif.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan Sukmajaya, Maman Sutarman M.Pd, memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Ka Mabigus SDN Mekarjaya 21 karena sudah mengawali kegiatan kepramukaan di awal tahun ajaran baru 2024/2025, apalagi menyongsong peringatan Hari Pramuka Nasional ke 63 pada 14 Agustus 2024.

"Saya melihat baru SDN Mekarjaya 21 yang sudah memulai kegiatan di awal tahun ajaran baru ini, salah satunya kegiatan Perjusa pas momennya bertepatan dengan Hari Pramuka Nasional ke 63 pada 14 Agustus 2024, untuk itu saya memberikan Papresiasi dan ucapan terima kasih kepada bu Eko Agushening Purwoningsihm sebagai Ka Mabigus SDN Mekarjaya 21 bersama kakak-kakak di sekolah ini," kata Maman Sutarman.

Dia mengakui, di kurikulum sebelumnya kegiatan kepramukaan menjadi ekstrakurikuler  wajib di sekolah, tetapi dengan adanya Permendikbud-ristek nomor 12 tahun 2024 kegiatan kepramukaan tidak lagi menjadi ekstrskurikuler wajib bagi setiap siswa.

"Tetapi menurut saya kegiatan kepramukaan tetap harus ada di sekolah karena untuk pembetukan karakter dan kedisplinan, tanggungjawab dan nilai kegotong- royongan dan etika bagi para siswa," ujar Maman. 

Dengan memiliki jatidiri yang tangguh fisik dan mental nanti bisa menjadi modal bagi anak-anak untuk menjadi tentara. (ijaya)


Post a Comment

0 Comments